Friday, November 27, 2020

Jadi Serial Entrepreneur Sukses di Usia Muda, Begini Kisah Hebbie

 Jadi Serial Entrepreneur Sukses di Usia Muda, Begini Kisah Hebbie

Menjadi pengusaha adalah salah satu pilihan hidup yang paling beresiko, karena berarti membebaskan diri dari kepastian jumlah penghasilan perbulan. Butuh mental berani serta persiapan yang matang untuk menjalaninya. Mereka yang sudah memilih bisnis sebagai jalan hidupnya dan meraih kesuksesan, banyak yang kemudian membuat bisnis-bisnis baru lainnya. Tipe pengusaha atau pebisnis seperti ini dikenal dengan sebutan serial entrepreneur. 

Hebbie Agus Kurnia, salah satunya. Sosok serial entrepreneur muda yang namanya sudah tidak asing bagi para digital marketer atau mereka yang ingin belajar digital marketing. Disaat usianya baru menginjak 24 tahun, Hebby sudah membangun ‘kerajaan’ bisnisnya sendiri. Pria yang memilih drop out alias tidak melanjutkan kuliahnya ini berhasil mendapattkan 11 juta pertamanya di usia 19 tahun. 

 Temali berbincang secara ekslusif dengannya tentang pilihan hidupnya menjadi seorang serial entrepreneur. Berikut hasilnya. 

Apa yang bikin lo tertarik buat jadi serial entrepreneur?

Dari SMP gua udah tertarik punya bisnis tapi di banyak sector, gitu. Jadi gua tipikal orang yang kurang bisa fokus di satu bidang gitu lho, bro. Gua pengen bener-bener nge-explore diri gua lebih jauh. Yang paling penting sebenarnya sih harus ada batu loncatan dulu. Supaya duit lo yang udah kekumpul itu bisa dialirin ke banyak bisnis, dan gua adalah tipikal yang kalo ada bisnis yang udah jalan, ya udah gua suntik dana, abis itu tinggal kerjasama.  

Kalau pun ada bisnis yang gua bangun sendiri, kaya yang sekarang ada bisnis skin toner atau kuliner gua, itu Cuma sampe milestone tertentu aja, kaya misalnya udah menghasilkan untung sekian, cashflow lancar, biasanya abis itu gua percayain ke oranglain. 

Nah, cara yang lo lakukan untuk ngelola bisnis yang banyak gimana?

Gua selalu percaya tentang delegasi. Jadi ibaratnya gua tipikal presiden yang utuh perdana menteri hehe. Jadi gua tipe orang yang punya bisnis tapi butuh orang buat ngejalaninnya, dan skill gua sebenarnya yang bener-bener gua kuasain dan bikin pede itu di marketing.  

Kalo masalah operasional jujur gua ga terlalu baik. Makanya gua selalu cari partner-partner yang bisa ngurusin operasional. Misalnya kaya manajer operasional. Jadi gua emang tipikal yang di atas, fokus bantu marketing, dan yang ngurusin internal plus operasional biar orang kepercayaan gua. Selalu gaya bisnis gua tuh kaya gitu. 

Ada pesan enggak nih buat mereka yang mau ngikutin jejak lo?

Kalo pesen dari gua, kalo misalkan ga sanggup, jangan dipaksain, karena tipikal serial entrepreneur kaya gua ini bukan tipikal yang lumrah. Karena beberapa orang tipikalnya yang bisnis satu aja bro terus dibesarin, nah gua bukan tipikal yang bisa kaya gitu. Bukan berarti gua nggak setia sama bisnis gua, tapi gua berusaha menembus batas itu, jadi lebih banyak sektor bisnis dan lebih banyak orang yang terlibat, justru itu yang bikin gua makin suka dan bahagia.  

Kedua, lo jangan fokus untuk diversifikasi di awal atau nebar bisnis dimana-mana, itu jangan menjadi fokus lo saat masih di awal, tapi fokus lo pertama adalah lo harus masang taget gimana cashflow nya. Lo pasang target harus punya duit berapa dulu. Kaya gua dulu pertama kelimpahan duit banyak itu dari jadi agen property. Tapi emang dari awal jualan property gua emang ga pernah niat untuk mendalami disitu, jadi emang yang gua kejer duit dulu, baru abis kekumpul, gua sebar kebebeberapa bisnis.  

Yang terakhir,jangan liat gua gimana sekarang, pastinya gua dulu bahasanya udah berdarah-darah, pas orang lain kuliah gua malah sibuk mondar-mandir ketemu klien, yang penting lo jangan menyerah kalo lo udah yakin sama pilihan hidup lo.

Jadi Serial Entrepreneur Sukses di Usia Muda, Begini Kisah Hebbie Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fauzi Rahmat

0 comments:

Post a Comment