Friday, March 15, 2019

Martin Sonny Setiantoko, Sukses Berbisnis Sate Indonesia di Amerika


Martin Sonny Setiantoko, Sukses Berbisnis Sate Indonesia di Amerika

Profil orang sukses kali ini datang dari ranah bisnis kuliner. Bisnis kuliner adalah salah satu usaha yang memiliki peluang untung yang besar karena orang-orang setiap harinya membutuhkan makan dan minuman. Tetapi tidak semua orang mampu untuk mencari peluang sebelum memulai sebuah bisnis sehingga bisnis tersebut tidak berjalan lama. 

Martin Sonny Setiantoko adalah salah satu orang yang pandai dalam mencari peluang bisnis. Ia mampu membuka bisnis kuliner khas Indonesia bernama Sate Truck, di beberapa kota yang ada di Amerika Serikat. 

Sonny menggunakan mobil truk untuk menghadirkan makanan-makanan khas Indonesia, yang di mana cara tersebut populer dalam bisnis kuliner di Amerika Serikat. Adapun sate menjadi salah satu produk utama dari usaha kulinernya. Ia memilih sate  karena sate sendiri sudah populer di Indonesia, dan dia ingin meningkatkan popularitas makan tersebut ke taraf  internasional.  Sate Truck juga menyajikan makanan populer Indonesia lain seperti mie ayam, rendang hingga nasi campur Sumatera dan Jawa. 

Sedari awal, Sonny memang sudah memiliki keinginan untuk mempunyai usaha kuliner. Demi bisa memiliki usaha kuliner,  Pria asal malang yang memiliki latar belakang sekolah tata boga ini nekat untuk mengadu nasib di Kota New York bermodalkan 150 dollar (Rp 1 juta). Bahkan, Sonny harus menjadi tukang cuci piring untuk mimpi besarnya ini. 

Bisnis kuliner yang ia idamkan pun terlaksana. ia berhasil membangun restoran kecil di Virginia, Amerika Serikat. Tapi nasib baik belum berpihak kepadanya, Usaha yang ia rintis sendiri tanpa bantuan siapapun kecuali uang tabungan yang ia kumpulkan bertahun-tahun tidak memiliki keuntungan yang maksimal. 

Tapi Sonny tidak serta merta berhenti. Ia tetap menggeluti bisnis kuliner dengan cara membeli 2 buah mobil truk untuk menghadirkan makananya secara langsung kepada pelanggan. Pilihannya untuk menjual makanan menggunakan truk ini ternyata berhasil dan membawa keuntungan yang lebih bagi Sonny. 

Selain memiliki restoran, Sekarang Sonny memiliki 3 buah mobil truk. 2 mobil truk untuk merek Sate Truck, dan 1 truk lain untuk bisnis kulinernya bernama Sambal Truck yang juga menyajikan masakan Indonesia. Ia menggunakan sosial media seperti twitter (@SateTruck) dan instagram (@sate_truck) untuk berinteraksi dengan pelanggan, termasuk mengumumkan waktu serta lokasi truk mereka akan parkir dan menyajikan makanan. 

Sate Truck terbilang sukses sebagai food truck di Amerika. Usaha Sony ini mendapatkan timbal balik yang positif dari pelanggan-pelanggannya.  Bagi Indonesia, Sonny bukan hanya sukses secara karir, tapi sukses memperkenalkan kuliner khas Indonesia di taraf Internasional. 

Martin Sonny Setiantoko, Sukses Berbisnis Sate Indonesia di Amerika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fauzi Rahmat

0 comments:

Post a Comment